Ruang  Belajar Inklusifitas di Tempat Kerja

Ruang ini merupakan Learning Platform bagi semua pengunjung situs layanan

dari Yayasan Kusuma Buana yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang belajar baik beajar mandiri

maupun belajar kelompok yang terjadwal.

Pekerjaan dan Mata Pencaharian: Pendekatan Inklusif untuk Pemberdayaan Ekonomi Perempuan & Populasi Rentan di Indonesia

Pandemi COVID – 19 berdampak buruk terhadap perekonomian dan mata pencaharian serta memperlebar kesenjangan sosial dan ekonomi. Krisis kesehatan ini, seperti krisis-krisis kesehatan lainnya telah mempengaruhi paling parah bagi mereka yang paling rentan. Merespon hal tersebut, UNAIDS bersama dengan ILO, UNDP dan UNHCR menjalankan sebuah program gabungan melalui sebuah dukungan UN COVID – 19 MPTF (Multi Partner Trust Fund) yang bertujuan untuk memulihkan dan meningkatkan ekonomi dan mata pencaharian bagi kelompok rentan di Indonesia. Melalui dukungan Program MPTF, UNAIDS bersama YKB selaku mitra implementasi menjalankan dua intervensi yang meliputi pemulihan ekonomi dengan meningkatkan ketrampilan dan kewirausahaan serta advokasi kebijakan untuk mendororong kesetaraan gender, inklusivisme dan penghapusan stigma dan diskriminasi bagi kelompok rentan di Indonesia di tempat kerja termasuk orang dengan HIV (ODHIV), populasi kunci dan orang yang disabilitas.

Dalam menciptakan lingkungan yang inklusif, salah satu kegiatan yang dilakukan adalah mengembangkan online learning platform mengenai informasi Kesehatan (HIV, TBC, dan COVID – 19), kesetaraan gender dan inklusivisme di tempat kerja. Online Learning Platform ditujukan untuk menjadi sarana pembelajaran guna meningkatkan pemahaman dan kesedaraan terkait penciptaan tempat kerja yang setara gender, inklusif, dan non diskriminatif terhadap orang dengan HIV (ODHIV), populasi kunci dan orang dengan disabilitas.  Masyarakat termasuk didalamnya orang dengan HIV, populasi kunci, dan orang dengan disabilitas dapat mengakses Online learning platform ini melalui computer atau smartphone yang mereka miliki sehingga mereka bisa meningkat pengetahuannya dan percaya diri untuk mengakses lapangan kerja sesuai dengan ketrampilan yang dimiliki.

Harapannya Online Learning Platform ini dapat diakses oleh massyarakat seluas – luasnya khususnya ODHIV, populasi kunci, dan orang dengan disabilitas.  Perusahaan, Balai Latihan kerja Kemenaker dan Serikat Pekerja sangat dianjurkan untuk mengakses platform ini sehingga mendapatkan gambaran terkait penciptaan tempat kerja yang inklusif dan non diskriminatif terhadap ODHIV, Populasi Kunci dan orang dengan disabilitas.

 

 

LAYANAN RUANG BELAJAR MANDIRI

RUANG BELAJAR BERSAMA
RUANG KONSUTASI INDIVIDU
MEDIA BELAJAR
Scroll to Top